Perangkat KBM

PROGRAM TAHUNAN

Nama Sekolah         : SMP NEGERI 3 TIGABINANGA
Mata Pelajaran      : Bahasa Inggris
Kelas / Semester     : VIII – Ganjil & Genap
Target Nilai Prota  : ......

SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
KET
1

















































































































































































































































Mendengarkan
1.  Memahami makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

1.2  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
Percakapan singkatan memuat ungkapan-ungkapan:

A : Let me help you.
B : Thank you so much.

A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.                                                     

A: Did you break the glass?
B: Yes I did  /  No, it wasn’t me.

A: What do you think of this?
B: Not bad.



Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to /  I want to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B:  It’s O.K. No problem

A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.



Mendengarkan
2. Memahami   makna   dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentukdescriptive danrecount  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
















2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount


·  Teks fungsioanl pendek berupa :                  Undangan                   
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.Mona

·   Ciri kebahasaan teks fungsional pendek




·  Langkah retorika teks:
-     descriptive (identification – descriptions)
-     recount ( orientation events)
-     reorientation




Teks lisan berbentuk
·         descriptive
·         recount


Langkah retorika teks :
·         descriptive (identification – descriptions)
·         recount ( orientation events – reorientation)


Berbicara
3. Mengungkap kan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar


3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat

3.2 Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat


Percakapan singkatan memuat ungkapan – ungkapan.

A; Let me help you.
B: Thank you so much.

A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.

A: Did you break the glass?
B: Yes, I did  /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.







A: Would you come to
     party?
B: I’d love to / I wan’t to,
    but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
     Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
     understand.
A: You have beautiful
     hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.



Berbicara
4. Mengungkap kan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.1 .Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek  sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

4.2. Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa :Undangan









1.       Teks pendek berbentuk  recount
2.         –  informasi faktual
-  informasi rinci
-  gagasan utama
-  gagasan pendukung dalam teks pendek berbentuk recount
3.         Ciri kebahasaan teks recount


Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional  dan esei pendek sederhana  berbentuk descriptive dan recount  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar


5.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan  esei berbentuk descriptive dan recount  pendek dan sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima  yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount

Teks fungsional pendek berupa: Undangan     















·   Makna gagasan
·   Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·   Langkah retorika teks descriptive dan recount
·   Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
·   Ciri kebahasaan teks descriptivedan recount


Menulis
6.  Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam  teks berbentuk descriptive dan recount
Teks fungsional pendek
  berupa :
- Undangan                          - Pengumuman                   - Pesan Singkat







Teks rumpang berbentuk                      - descriptive                   - recount

Kalimat acak




Jumlah


2





































































































































































































































































































Mendengarkan
7. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuat







7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks



Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you





Mendengarkan
8. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar















8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount

Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do you mind lending me some money?
B: No Problem / I want to, but ...

A: Can I have a bit
B: Sure, here you are

A:Here’s some money for you
B: I can’t take this, sorry

A: Do you like it?
B: Yes I do

A: Have you done it?
B: Sorry, I haven’t

A: Do you think it’s good?
B: I think so / Sorry, I can’t say anything

A: Would you like some...
B: Yes, please / No, thanks


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut:
A: What if it I do it again.
B: Fine, with me.
A: I have to go now.
B: Do you have to?
A: ..........
B: Right / I see / Hm...m.

·         Hello, excuse me .....
·         Did you?  / Were you ?
·         Thanks/ Bye.../ See you.
·         Could I speak to .... please?
·         Well, I’m calling to....
·         Nice talking to you


Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu







9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan  transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon


Percakapan singkat memuat ungkapan – ungkapan :

A: Do you mind lending me some money?
B: No, problems

A: Can I have a bit?
B: Sure, here you are.

A: Here is some money for  you.
B: Sorry, I can’t take this.

A: Do you like it ?
B: Yes, I do.

A: Have you done it?
B:No, I haven’t.

A: Do you think it’s good?
B: I think it is / Sorry I can’t say any thing

A: Would you like some .....?
B: Yes, please / No, Thanks




Teks percakapan memuat ungkapan  berikut:
A: what if I do it again?
B: Fine with me.

A: I Must go now
B: Do you have to?

·  Right.
·  I see.
·  Hm...m yeah

·  Hello,excuse me
·  Did you? / Were you?
·  Thanks/ Bye / see you
·  Could I speak to ..?
·  Well,I’m calling to ...?
·  Nice talking to you.



Berbicara
10. Mengungkapkan   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.1    Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

10.2    Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount  dan narrative

·  Teks fungsional pendek : 
    - Undangan
    - Pengumuman 
    - Pesan singkat






·         Teks monolog berbentuk narrative



Membaca
11. Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

11.1  Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative  dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.2    Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

11.3    Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan nararative

·         Teks Essai berbentuk              narrative / recount

·         Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk           narrative / recount

·         Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount

·         Langkah retorika     narrative / recount





·  Teks fungsional :
  - undangan
  - pengumuman
  - pesan

·  Tujuan komunikatif
·  Ciri kebahasaan




Menulis
12. Mengungkapkan makna  dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.1.    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

12.2.    Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk  recount dan narrative
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat











·         Teks Essai  narrative / recount
·         Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·         Langkah retorika teks narrative / recount




Jumlah




Kutabangun,         Juli 2016

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Mata Pelajaran
           

           


Karel Purba, S.Pd                                                                     Joint Tarigan, S.Pd
NIP. 19610101 198602 1 003                                                 NIP. 19730704 201406 1 003


Silabus
Satuan Pendidikan      : SMPN/S
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           :VII/Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Sumber belajar
penilaian
3.5  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
4.5  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda, binatang
-    Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute), mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind, good, polite)
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Sifat dan keadaan orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
3.5.1        mengidentifikasi tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda dengan konteks adjective
3.5.2        mengidentifikasi interaksi transaksional lisan dan tulis
4.5.1        menyusun teks interaksi tindakan member dan meminta
·  Menyimak dan menirukan  guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar
·  Mencermati beberapa teks pendek yang mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·  Bertanya jawab tentang sifat beberapa benda di dalam dan sekitar rumah
·  Membaca beberapa teks pendek tentang sifat orang, benda, binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah sekitarnya
·  Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang terkenal
·  Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
20 JP
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Tes Tertulis
·   Tes Lisan
·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
3.6  Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
4.6  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang benar dan sesuai konteks

·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi, mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-    Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif) dalam simple present tense
-    Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
3.6.1  Mengidentifikasi fungsi social dari ungkapan untuk memberi  dan meminta informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda
3.6.2  Mengidentifikasi struktur teks dari ungkapan untuk memberi dan  meminta  informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
3.6.3  Mengidentifikasi unsur   kebahasaan teks dengan (kalimat declarative, interrogative, simple present tense)
4.6.1  Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis  terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang dan benda dengan  fungsi sosial
·         Menyimak guru membacakan beberapa teks pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar
·         Didiktekan guru, peserta didik menulis teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang benar
·         Membuat teks-teks pendek tentang kebiasaan yang dilakukan beberapa  orang dan binatang yang sangat dikenal
·         Bertanya jawab tentang isi teks yang telah ditulis dengan kelompok lain.
·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
20 JP
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Tes Tertulis
·   Tes Lisan
·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Teks Deskriptif
4.7.1    Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2    Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait  orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
·   Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji, mengidentifikasi, mengkritik
·   Struktur teks
Dapat mencakup:
-    identifikasi (nama keseluruhan dan bagian)
-    sifat yang menjadi pencirinya
-    fungsi, perilaku, manfaat, tindakan, kebiasaan yang menjadi penciri orang, binatang, atau benda yang dibicarakan.
·   Unsur kebahasaan
-    Kalimat deklaratif (positif dan negatif), dan interrogative (Yes/No question; Wh-question), dalam simple present tense
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Orang, binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan publik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
3.7.1        Membedakankan fungsi sosial dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
3.7.2        Membedakankan struktur teks dengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana
3.7.3        Membedakankan unsur kebahasaanbeberapa teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
4.7.1        Teks deskriptif membandingkan konteks penggunaan dengan lisan dan tulis
4.7.1.1  Memahamifungsi sosial makna secara kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.2  Memahami struktur teks makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.1.3  Memahami unsur kebahasaan makna secara kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.1  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2.2  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang dan benda
4.7.2.3  Mempelajari teks deskriptif lisan dan tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaanterkait orang, binatang, dan benda
·         Membaca beberapa teks deskriptif tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang disertai foto atau gambar yang menarik
·         Bertanya tentang informasi yang terkait di dalam teks tersebut.
·         Menggunakan alat analisis (tabel atau bagan mind-map) untuk mempelajari sistematika deskripsi yang diterapkan
·         Mengamati suatu benda/binatang/orang yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku, dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan
·         Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan mind-map, membuat teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan
·         Menempelkan teks di dinding kelas dan bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
·         Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
28 JP
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Tes Tertulis
·   Tes Lisan
·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
3.8     Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8     Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs

·   Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan dan karakter yang positif
·   Unsur kebahasaan
-    Kosa kata dan tata bahasa dalam lirik lagu
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
3.8.1        Memahami fungsi sosial dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
3.8.2        Memahami unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.1        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.2        Mempelajari makna secara kontekstual terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
u
4 JP
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
·   Tes Tertulis
·   Tes Lisan
·   Proyek, pengamatan, Portofolio / unjuk kerja






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                   :     X
Topik                                  :     How’s Life
Alokasi Waktu                    :     9 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.       Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
              1.1.  Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak pembicaraan tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon dengan baik tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, surat yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Completing the missing words 
§  Listening  to a dialog and answering questions
§  Matching pictures with appropriate sttatements
§  Giving opinions

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying formal and informal expressions commonly used  for greetings, leave takings, introducing, thanking, , and apologizing;
§  Saying greeting, introducing, thanking, leave takings, and apologizing expressions based on the situations given;
§  Role playing dialogs describing greeting and leave taking situations;
§  Making short dialogs based on the situations given;
§  Reading for information: a letter,  a passage about introduction;
§  Completing sentences with the correct personal pronouns, possessive adjective, and possessive pronouns;
§  Completing a dialog with the correct expressions;
§  Creating  letters based on the situations given.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students hand in their tasks;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.     You are going to hear two short dialogs. Listen and complete the missing words.
1.      Andy         :  Hello, Linda. . . . you getting on?
          Linda        :  Fine, thanks. How are you?
          Andy         :  . . . .

2.      Satria        :  Hello, Angel.
          Angel        :  . . . , Satria.
          Satria        :  I think I’d better be going, or . . . late for school. Goodbye.
          Angel        :  . . . , Satria.


B.   Make short dialogs based on the following situations.
1.      You woke up late this morning. Now, you are having breakfast with your family, but can’t finish it because you are in a hurry. Give an excuse to your family.
2.      You meet your old friend on your way to school. You greet him/her cheerfully, but you can not talk too long because you are in a hurry. Give an excuse to your friend.
3.      You arrive at your manager’s party. You meet some friends that you know well. You are enjoying the party but unfortunately you have to leave early. Give an excuse to your manager.

C.     Complete the following sentences with the correct personal pronoun, possessive adjective, or possessive pronoun.
1.      The girl is beautiful. I bought . . .  some flowers.
2.      Hari borrowed one of my dictionaries. He lost . . . .
3.      Mr. Tono put . . . shoes under the table.
4.      My mother always makes a lot of delicious food. . . . loves cooking so much.
5.      Ari             :  Can I use your car?
          Bobby      :  Oh, I’m sorry. Rendi is using . . . car.


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                  :     X
Topik                                  :     What Is It Made of?
Alokasi Waktu                    :     12 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
                 1.2.     Menyebutkan benda-benda, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak, mengingat, mengenal dan ungkapan untuk mendeskripsikan  sesuatu, dan menunjukan bilangan;
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon ungkapan yang mendeskripsikan  sesuatu, dan menunjukan bilangan seperti nomor telepon.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, grafik, tabel, menu, jadwal; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi dialog, tabel, ukuran atau mencatat hal-hal yang berhubungan dengan ungkapan untuk mendeskripsikan sesuatu dan bilangan.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching pictures with correct statements;
§  Listening for information;
§  Dictations: telephone numbers, prices, sequence, arithmetic process;
§  Answering questions  asked by  teacher.

2.       Kegiatan Inti
§  Rewriting numbers in letters;
§  Describing things in pictures; 
§  Making a dialog which has to do with the situation provided and acting it out in front of the class;
§  Reading for information and answering questions;
§  In pairs, creating dialogs based on the situations given;
§  Choosing the correct word order;
§  Writing dates, days and months in letters or in numbers;
§  Writing desriptions of  things in pictures.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students hand in their works;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He gives them spirit to keep studying hard.

F.       Penilaian
a.       Written test
b.       Multiple choice and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.      How do you write these numbers using digits?
1.       Nine thousand, three hundred and sixty three.
2.       Five thousand seven hundred.
3.       Three thousand and twenty-eight.
4.       Twelve thousand five hundred.
5.       Thirty thousand, nine hundred and fifty-five.

B.      Write these dates as numbers.
1.       May the first                                     =    May 1
2.       January the twenty-third                =    . . . .
3.       September the tenth                        =    . . . .
4.       April the nineteenth                         =    . . . .
5.       March the twelveth                         =    . . . .
6.       January the second                         =    . . . .
7.       December the seventeenth            =    . . . .
8.       July the thirty-first                           =    . . . .
9.       August the eleventh                        =    . . . .
10.   November the thirtieth                   =    . . . .

C.  Choose the correct word order.
1.      A.      A small Canadian thin lady.
         B.      A Canadian small thin lady.
         C.      A small thin Canadian lady.
         D.      A thin small Canadian Lady.
2.      A.      A beautiful blue sailing boat.
         B.      A blue beautiful sailing boat.
         C.      A sailing beautiful blue boat.
         D.      A blue sailing beautiful boat.
3.      A.      An old wooden square table.
         B.      A square wooden old table.
         C.      An old square wooden table.
         D.      A wooden old square table.
4.      A.      A new French exciting band.
         B.      A French new exciting band.
         C.      An exciting French new band.
         D.      An exciting new French band.
5.      A.      A red big plastic hat.
         B.      A big red plastic hat.
         C.      A plastic big red hat.
         D.      A big plastic red hat.

Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What Do They Look Like?
Alokasi Waktu                    :     21 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.  Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
                1.3. Mendeskripsikan orang, dan ciri-cirinya

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan untuk mendeskripsikan orang digunakan dengan tepat.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon dengan baik ungkapan menggambarkan orang.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang mendeskripsikan orang; menterjemahkannya; pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dialog yang berisi tentang mendeskripsikan orang.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan           : Kontekstual
2.    Metode                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Listening for information and filling in the identity card;
§  Guessing people;
§  Matching pictures with names of professions;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Completing  the table of nationalities;
§  Undestanding and continuing  a dialog;
§  Role playing a dialog with a partner;
§  Reading a dialog and answering questions;
§  Finding the synonyms of words in the dialog and looling up a dictionary to find the antonyms of words;
§  Reading a passage for information;
§  Finding ten adjectives in the passage and writing the synonyms of each word;
§  Rearranging jumbled letters in sentences;
§  Describing people in pictures based on the physical appearance;

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
2.       Written test
3.       Multiple choice  and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Complete the table of nationalities below.
No
Country
Language
Nationality
1
2
3
4
5
Poland
Spain
. . . .
Turkey
. . . .
. . . .
Spanish
Swedish
. . . .
German
Polish
. . . .
Swedish
Turkish
German


B.  Rearrange the jumbled letters in the following sentences.
1.      The woman is a-u-i-u-f-b-l-t-e.
2.      Her hair is y-u-r-c-l and l-b-o-e-d-n.
3.      Her face is v-l-o-a.
4.      She has g-b-i eyes.
5.      She has a d-p-i-n-o-e-t nose.

Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd






























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     How Do You Feel?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit


A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
         1.4. Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan simpati.
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan simpati.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang ungkapan simpati; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun, dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang ucapan simpati.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan             : Kontekstual
      2.  Metode                       : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.  Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Dictation:  listening and writing down words that show feelings;
§  Listening and filling in the missing words;
§  Listening for information and writing down expressions;
§  Giving  answers or opinions when teacher ask.

2.   Kegiatan Inti
§  Identifying common expressions of regret, sympathy, offering things, giving and responding to commands and requests as well as asking and giving permission;
§  Completing dialogs with the expressions from the box;
§  Creating dialogs or a conversations with the situations given and acting them out in front of the class;
§  Completing sentences with adjectives eanding in –ing or –ed;
§  Choosing the adjective  to complete sentences;
§  Putting words in brackets into the correct forms;
§  Reading dialogs and finding words related to feeling;
§  Reading a passage for information and anwering questions;
§  Writing an invitation letter with the situation given;
§  Writing the responses of the situations given.

3.   Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students submit  their assignment;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.   Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.     Fill in the blanks with the correct expressions from the box, then practice the dialogs in pairs.
1.          John                :     Hey Sammy, what happened to your leg?
          Sammy           :     I hurt it when I was playing football.
          John                :     . . . . How did you do that?
          Sammy           :     I fell down as I was running to get the ball.
          John                :     . . . .
          Sammy           :     Yes. I won’t be able to play for a month.
2.      Danny             :     I’m afraid I can’t come to your party tonight. I have to take my grandfather to the hospital.
          Jay                   :     . . . .
          Danny             :     He had a heart attack.
          Jay                   :     . . . .

A.      I’m sorry to hear that.
B.      Oh my God.
C.      Is that so?
D.      Oh my. What happened?
E.       How awful.
F.       That’s too bad.

B.        Choose the correct adjective to complete these sentences.
1.       I seldom visit art galleries. I’m not very (interested/interesting) in art.
2.       We had to walk for more than two hours. It was very (tired/tiring).
3.       Why do you always look so (bored/boring)? Is your life really so (bored/boring)?
4.       He’s one of the most (bored/boring) people I’ve ever met. He never stops talking and never says anything (interesting/interested).
5.       I’m starting a new job next week. I’m quite (exciting/excited) about it.

C.     Read the situations, then write what you would say.
1.      You want to borrow your friend’s camera. What would you say to him/her?
2.      You have to go to the airport but you don’t know how to get there. You ask a passerbay..
3.      You are sitting on a bus. An old woman is standing near you. What would you say to the old woman?
4.      You want to leave school early because you are ill. What would you say to your teacher?
5.      You want your friend to show you how to change the disc in your camcorder. What would you say to him or her?



Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What are You Doing?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice.
1.5. Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi.

B.  Tujuan Pembelajaran
  1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai bentuk untuk menggambarkan peristiwa yang sedang terjadi.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan tentang peristiwa yang sedang terjadi.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun, dan melengkapi dialog yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi.

C.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan           : Kooperatif
2.       Metode  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.        Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.         Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
a.         Listening and  matching oral statements with pictures given;
b.         Listening to a dialog and completing it;
c.          Listening to the descriptions  and writing them down;
d.         Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
a.       Identifying expressions commonly used in describing events;
b.       Describing events taking place based on the pictures;
c.        Completing sentences with there is or  there are;
d.       Reading for information: passages;
e.        Completing sentences with the correct form of to be (am/is/are);
f.        Changing verbs into the correct form of V-ing;
g.        Reading a dialog and answering questions;
h.       Writing a dialog with the situation given;
i.         Discussing with partners to describe what people are doing;

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
a.       Students make the report of their discussion;
b.       Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
c.        He gives them an assignment;
d.       He tells them of the next meeting lesson;
e.        He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Listen to the dialog and complete the following sentences.
Nina          :     What (1) . . . you doing now, Anton?
Anton        :     I (2) . . . soccer match on TV. How about you?
Nina          :     I am (3) . . . for my friends, but I think they are (4) . . . .
Anton        :     I think you should (5) . . . your friends.
Nina          :     Thank you for your advice.
Anton        :     You’re welcome.

B.     Fill in the blanks with “There is” or “There are”.
1.      . . . some novels in the library.
2.      . . . some tea in the jar.
3.      . . . a computer on the table.
4.      . . . an apple tree in my uncle’s garden.
5.      . . . a pair of shoes under the bed.
6.      . . . a lot of passengers on the plane.
7.      . . . many hotels near the beach.
8.      . . . some tourists visiting the old temple.
9.      . . . a bowl of ice cream in the refrigerator.
10.    . . . a beautiful painting in the living room.



Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd

                                                                                                                                               


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What Does the Sign Mean?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit


A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
            1.6.   Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai ungkapan untuk menjelaskan tanda dan symbol yang tepat.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan menjelaskan jadwal dan menu.
3.       Reading
Siswa mampu memahami jadwal dan daftar; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun; menentukan ukuran dan melengkapi dialog yang berisi tentang jadwal dan memo.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kooperatif
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.       Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching pictures with the information of the road signs;
§  Listening  and matching pictures with the correct statements;
§  Listening to dialogs and matching each picture with the correct dialog;
§  Listenig and putting a tick in the correct picture;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying expressions or phrases commonly used in explaining signs and symbols;
§  Practicing a dialog with a partner;
§  Completing a dialog  with the correct words, phrases or expressions;
§  Creating a dialog based on the menu;
§  Completing sentences using  the correct form of  the degrees of comparison;
§  Reading  for information and answering questions;
§  In pairs, designing a menu of a restaurant and then  making  a role play based on the menu and acting it out in front of the class;
§  Reading a memo and answering questions;
§  Making a memo based on the situation given.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.  Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Read the dialog and fill in the blanks.
Waiter             :     What would you like to (1) . . . ?
Nina                 :     I’d like to have (2) . . . .
Waiter             :     Which (3) . . . do you want? (4) . . . or (5) . . . ?
Nina                 :     (6) . . . , please.
Waiter             :     All right and what would you like to (7) . . . ?
Nina                 :     I want to order a (8) . . . of tea.
Waiter             :     a cheese omelet and a cup of tea. Your (9) . . . will be ready in a few minutes.

B.     Complete the following sentences by using the word in the brackets. Remember to use the correct form of the degrees of comparison.
1.      She travels by train . . . (often) than by plane.
2.      Traveling by plane is . . . (fast) than by train.
3.      Traveling by plane is also . . . (convenient) than by train, but it is . . . (expensive).
4.      When your bus passes the town, you will see a tall tower. It is . . . (tall) in the area.
5.      The prices of food in the restaurant on the executive train are . . . (expensive) than those in the restaurant downtown.
                                  


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     Could You Tell Me the Way?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
           1.7. Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam bentuk ungkapan untuk menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, dialog yang berisi tentang mananyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun; dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan.

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.     Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching  the statements with  the correct pictures;
§  Listening for information: dialogs;
§  Listening to the dialogs filling the missing words;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying expressions commonly used in asking and giving direction, expressing preference and capabilities;
§  Interviewing for one’s capabilities, preferences, asking and giving directions based on maps given;
§  Responding to questions using conditional sentences type 1;
§  Reading for information: passages, dialogues, etc.;
§  Completing a dialogue about giving directions or locations;
§  Writing sentences using conditional type 1;
§  Composing dialogues involving preferences and capabilities and giving directions.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their work;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.  Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.  Answer the following questions using the correct preference forms.
1.       Rendra            :     Do you like hiking or climbing?
Bima               :     . . . .
2.       Aulia                :     Which one do you like, listening to music or reading a newspaper?
Budi                :     . . . .
3.       Lola                 :     Do you like living in a village or a big city?
Ria                   :     . . . .
4.       Arifin               :     Which one do you prefer, an apple or a mango?
Barry               :     . . . .
5.       Maya              :     Do you like tea or mineral water?
Hakim            :     . . . .

B. Complete the following sentences using can, can’t, could or couldn’t.
  1. I feel guilty because I . . . go to his birthday party yesterday.
  2. She spoke so quickly nobody . . . understand her.
  3. Last year, Sally . . . jump 5 meters, but now she can.
  4. Smoking cigarettes . . . causes cancer.
  5. I can’t sing now, but I . . . sing well when I was child.

C.  Can you describe how to get to your house from your school? Write down the directions.


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               








































                                     











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     Would You Like to Come to My House?
Alokasi Waktu                    :     18 Jam @ 40 Menit

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.   Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.8. Menuliskan undangan sederhana

B.  Tujuan Pembelajaran
  1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan dengan tepat.
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan menyampaikan ungkapan undangan dengan baik  dan tepat.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, e-mail/ surat yang berisi tentang ungkapan menyampaikan undangan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dan atau menulis dialog yang berisi tentang penyampaian undangan; menulis surat undangan yang sederhana.

B.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

C.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
D.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Listening to a  dialog and filling in the missing words;
§  Dictation: Listening  and writing  down the expressions heard;
§  Answering questions  that are asked by teacher;

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying  expressions, phrases commonly used in invitation letters;
§  Responding to questions dealing with invitations using “yes-no” and “wh-” questions.
§  Creating dialogues in pairs;
§  Dialogue practice;
§  Reading for information: invitation letters;
§  Changing statements into reported speech;
§  Composing the reply of an invitation letter;
§  Writing personal invitations.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  The teacher tells students to hand in their work and make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He gives students to study more at home.

E.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice  and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.  Give suitable responses to the following invitations.
1.       Would you like to see a movie?
2.       Would you like to come with me to the street parade?
3.       Would you like to have lunch with me?
4.       ‘Ungu’ will be performing tomorrow. Would you be interested in going with me to watch it?
5.       Would you like to come to my brother’s wedding party?

B.  Make short dialogs based on the situations below. Practice the dialogs in front of the class.
1.       You invite your friend to go to your birthday party. Your friend accepts your invitation.
2.       You invite your friend to go swimming on Saturday. Your friend accepts your invitation.
3.       You ask your friend to come to your house. Unfortunately,  they can’t come because they have to clean their bedroom.
4.       You invite your friend to play basketball on Friday. Your friend agrees to go with you.
5.       You ask your friend to go shopping after school, but they can’t go with you because they need to go home early.
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     How’s Life
Alokasi Waktu                    :     9 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.       Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
              1.1.  Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak pembicaraan tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon dengan baik tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, surat yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Completing the missing words 
§  Listening  to a dialog and answering questions
§  Matching pictures with appropriate sttatements
§  Giving opinions

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying formal and informal expressions commonly used  for greetings, leave takings, introducing, thanking, , and apologizing;
§  Saying greeting, introducing, thanking, leave takings, and apologizing expressions based on the situations given;
§  Role playing dialogs describing greeting and leave taking situations;
§  Making short dialogs based on the situations given;
§  Reading for information: a letter,  a passage about introduction;
§  Completing sentences with the correct personal pronouns, possessive adjective, and possessive pronouns;
§  Completing a dialog with the correct expressions;
§  Creating  letters based on the situations given.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students hand in their tasks;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.     You are going to hear two short dialogs. Listen and complete the missing words.
1.      Andy         :  Hello, Linda. . . . you getting on?
          Linda        :  Fine, thanks. How are you?
          Andy         :  . . . .

2.      Satria        :  Hello, Angel.
          Angel        :  . . . , Satria.
          Satria        :  I think I’d better be going, or . . . late for school. Goodbye.
          Angel        :  . . . , Satria.


B.   Make short dialogs based on the following situations.
1.      You woke up late this morning. Now, you are having breakfast with your family, but can’t finish it because you are in a hurry. Give an excuse to your family.
2.      You meet your old friend on your way to school. You greet him/her cheerfully, but you can not talk too long because you are in a hurry. Give an excuse to your friend.
3.      You arrive at your manager’s party. You meet some friends that you know well. You are enjoying the party but unfortunately you have to leave early. Give an excuse to your manager.

C.     Complete the following sentences with the correct personal pronoun, possessive adjective, or possessive pronoun.
1.      The girl is beautiful. I bought . . .  some flowers.
2.      Hari borrowed one of my dictionaries. He lost . . . .
3.      Mr. Tono put . . . shoes under the table.
4.      My mother always makes a lot of delicious food. . . . loves cooking so much.
5.      Ari             :  Can I use your car?
          Bobby      :  Oh, I’m sorry. Rendi is using . . . car.


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What Is It Made of?
Alokasi Waktu                    :     12 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
                 1.2.     Menyebutkan benda-benda, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak, mengingat, mengenal dan ungkapan untuk mendeskripsikan  sesuatu, dan menunjukan bilangan;
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon ungkapan yang mendeskripsikan  sesuatu, dan menunjukan bilangan seperti nomor telepon.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, grafik, tabel, menu, jadwal; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi dialog, tabel, ukuran atau mencatat hal-hal yang berhubungan dengan ungkapan untuk mendeskripsikan sesuatu dan bilangan.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching pictures with correct statements;
§  Listening for information;
§  Dictations: telephone numbers, prices, sequence, arithmetic process;
§  Answering questions  asked by  teacher.

2.       Kegiatan Inti
§  Rewriting numbers in letters;
§  Describing things in pictures; 
§  Making a dialog which has to do with the situation provided and acting it out in front of the class;
§  Reading for information and answering questions;
§  In pairs, creating dialogs based on the situations given;
§  Choosing the correct word order;
§  Writing dates, days and months in letters or in numbers;
§  Writing desriptions of  things in pictures.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students hand in their works;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He gives them spirit to keep studying hard.

F.       Penilaian
a.       Written test
b.       Multiple choice and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.      How do you write these numbers using digits?
1.       Nine thousand, three hundred and sixty three.
2.       Five thousand seven hundred.
3.       Three thousand and twenty-eight.
4.       Twelve thousand five hundred.
5.       Thirty thousand, nine hundred and fifty-five.

B.      Write these dates as numbers.
1.       May the first                                     =    May 1
2.       January the twenty-third                =    . . . .
3.       September the tenth                        =    . . . .
4.       April the nineteenth                         =    . . . .
5.       March the twelveth                         =    . . . .
6.       January the second                         =    . . . .
7.       December the seventeenth            =    . . . .
8.       July the thirty-first                           =    . . . .
9.       August the eleventh                        =    . . . .
10.   November the thirtieth                   =    . . . .

C.  Choose the correct word order.
1.      A.      A small Canadian thin lady.
         B.      A Canadian small thin lady.
         C.      A small thin Canadian lady.
         D.      A thin small Canadian Lady.
2.      A.      A beautiful blue sailing boat.
         B.      A blue beautiful sailing boat.
         C.      A sailing beautiful blue boat.
         D.      A blue sailing beautiful boat.
3.      A.      An old wooden square table.
         B.      A square wooden old table.
         C.      An old square wooden table.
         D.      A wooden old square table.
4.      A.      A new French exciting band.
         B.      A French new exciting band.
         C.      An exciting French new band.
         D.      An exciting new French band.
5.      A.      A red big plastic hat.
         B.      A big red plastic hat.
         C.      A plastic big red hat.
         D.      A big plastic red hat.

Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               

































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What Do They Look Like?
Alokasi Waktu                    :     21 Jam @ 40 Menit

A.      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.  Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
                1.3. Mendeskripsikan orang, dan ciri-cirinya

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan untuk mendeskripsikan orang digunakan dengan tepat.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon dengan baik ungkapan menggambarkan orang.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang mendeskripsikan orang; menterjemahkannya; pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dialog yang berisi tentang mendeskripsikan orang.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan           : Kontekstual
2.    Metode                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Listening for information and filling in the identity card;
§  Guessing people;
§  Matching pictures with names of professions;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Completing  the table of nationalities;
§  Undestanding and continuing  a dialog;
§  Role playing a dialog with a partner;
§  Reading a dialog and answering questions;
§  Finding the synonyms of words in the dialog and looling up a dictionary to find the antonyms of words;
§  Reading a passage for information;
§  Finding ten adjectives in the passage and writing the synonyms of each word;
§  Rearranging jumbled letters in sentences;
§  Describing people in pictures based on the physical appearance;

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
2.       Written test
3.       Multiple choice  and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Complete the table of nationalities below.
No
Country
Language
Nationality
1
2
3
4
5
Poland
Spain
. . . .
Turkey
. . . .
. . . .
Spanish
Swedish
. . . .
German
Polish
. . . .
Swedish
Turkish
German


B.  Rearrange the jumbled letters in the following sentences.
1.      The woman is a-u-i-u-f-b-l-t-e.
2.      Her hair is y-u-r-c-l and l-b-o-e-d-n.
3.      Her face is v-l-o-a.
4.      She has g-b-i eyes.
5.      She has a d-p-i-n-o-e-t nose.

Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd






























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     How Do You Feel?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit


A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
         1.4. Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan simpati.
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan simpati.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang ungkapan simpati; menerjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun, dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang ucapan simpati.

C.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.  Pendekatan             : Kontekstual
      2.  Metode                       : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.  Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.   Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Dictation:  listening and writing down words that show feelings;
§  Listening and filling in the missing words;
§  Listening for information and writing down expressions;
§  Giving  answers or opinions when teacher ask.

2.   Kegiatan Inti
§  Identifying common expressions of regret, sympathy, offering things, giving and responding to commands and requests as well as asking and giving permission;
§  Completing dialogs with the expressions from the box;
§  Creating dialogs or a conversations with the situations given and acting them out in front of the class;
§  Completing sentences with adjectives eanding in –ing or –ed;
§  Choosing the adjective  to complete sentences;
§  Putting words in brackets into the correct forms;
§  Reading dialogs and finding words related to feeling;
§  Reading a passage for information and anwering questions;
§  Writing an invitation letter with the situation given;
§  Writing the responses of the situations given.

3.   Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students submit  their assignment;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.   Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.     Fill in the blanks with the correct expressions from the box, then practice the dialogs in pairs.
1.          John                :     Hey Sammy, what happened to your leg?
          Sammy           :     I hurt it when I was playing football.
          John                :     . . . . How did you do that?
          Sammy           :     I fell down as I was running to get the ball.
          John                :     . . . .
          Sammy           :     Yes. I won’t be able to play for a month.
2.      Danny             :     I’m afraid I can’t come to your party tonight. I have to take my grandfather to the hospital.
          Jay                   :     . . . .
          Danny             :     He had a heart attack.
          Jay                   :     . . . .

A.      I’m sorry to hear that.
B.      Oh my God.
C.      Is that so?
D.      Oh my. What happened?
E.       How awful.
F.       That’s too bad.

B.        Choose the correct adjective to complete these sentences.
1.       I seldom visit art galleries. I’m not very (interested/interesting) in art.
2.       We had to walk for more than two hours. It was very (tired/tiring).
3.       Why do you always look so (bored/boring)? Is your life really so (bored/boring)?
4.       He’s one of the most (bored/boring) people I’ve ever met. He never stops talking and never says anything (interesting/interested).
5.       I’m starting a new job next week. I’m quite (exciting/excited) about it.

C.     Read the situations, then write what you would say.
1.      You want to borrow your friend’s camera. What would you say to him/her?
2.      You have to go to the airport but you don’t know how to get there. You ask a passerbay..
3.      You are sitting on a bus. An old woman is standing near you. What would you say to the old woman?
4.      You want to leave school early because you are ill. What would you say to your teacher?
5.      You want your friend to show you how to change the disc in your camcorder. What would you say to him or her?



Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What are You Doing?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit

A.  Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
  1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice.
1.5. Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang terjadi.

B.  Tujuan Pembelajaran
  1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai bentuk untuk menggambarkan peristiwa yang sedang terjadi.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan tentang peristiwa yang sedang terjadi.
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun, dan melengkapi dialog yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi.

C.        Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan           : Kooperatif
2.       Metode  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.        Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.         Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
a.         Listening and  matching oral statements with pictures given;
b.         Listening to a dialog and completing it;
c.          Listening to the descriptions  and writing them down;
d.         Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
a.       Identifying expressions commonly used in describing events;
b.       Describing events taking place based on the pictures;
c.        Completing sentences with there is or  there are;
d.       Reading for information: passages;
e.        Completing sentences with the correct form of to be (am/is/are);
f.        Changing verbs into the correct form of V-ing;
g.        Reading a dialog and answering questions;
h.       Writing a dialog with the situation given;
i.         Discussing with partners to describe what people are doing;

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
a.       Students make the report of their discussion;
b.       Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
c.        He gives them an assignment;
d.       He tells them of the next meeting lesson;
e.        He suggests to the students that they keep studying hard.

F.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Listen to the dialog and complete the following sentences.
Nina          :     What (1) . . . you doing now, Anton?
Anton        :     I (2) . . . soccer match on TV. How about you?
Nina          :     I am (3) . . . for my friends, but I think they are (4) . . . .
Anton        :     I think you should (5) . . . your friends.
Nina          :     Thank you for your advice.
Anton        :     You’re welcome.

B.     Fill in the blanks with “There is” or “There are”.
1.      . . . some novels in the library.
2.      . . . some tea in the jar.
3.      . . . a computer on the table.
4.      . . . an apple tree in my uncle’s garden.
5.      . . . a pair of shoes under the bed.
6.      . . . a lot of passengers on the plane.
7.      . . . many hotels near the beach.
8.      . . . some tourists visiting the old temple.
9.      . . . a bowl of ice cream in the refrigerator.
10.    . . . a beautiful painting in the living room.



Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,





Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     What Does the Sign Mean?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit


A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
            1.6.   Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai ungkapan untuk menjelaskan tanda dan symbol yang tepat.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan menjelaskan jadwal dan menu.
3.       Reading
Siswa mampu memahami jadwal dan daftar; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun; menentukan ukuran dan melengkapi dialog yang berisi tentang jadwal dan memo.

C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kooperatif
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.       Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching pictures with the information of the road signs;
§  Listening  and matching pictures with the correct statements;
§  Listening to dialogs and matching each picture with the correct dialog;
§  Listenig and putting a tick in the correct picture;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying expressions or phrases commonly used in explaining signs and symbols;
§  Practicing a dialog with a partner;
§  Completing a dialog  with the correct words, phrases or expressions;
§  Creating a dialog based on the menu;
§  Completing sentences using  the correct form of  the degrees of comparison;
§  Reading  for information and answering questions;
§  In pairs, designing a menu of a restaurant and then  making  a role play based on the menu and acting it out in front of the class;
§  Reading a memo and answering questions;
§  Making a memo based on the situation given.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.  Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.      Read the dialog and fill in the blanks.
Waiter             :     What would you like to (1) . . . ?
Nina                 :     I’d like to have (2) . . . .
Waiter             :     Which (3) . . . do you want? (4) . . . or (5) . . . ?
Nina                 :     (6) . . . , please.
Waiter             :     All right and what would you like to (7) . . . ?
Nina                 :     I want to order a (8) . . . of tea.
Waiter             :     a cheese omelet and a cup of tea. Your (9) . . . will be ready in a few minutes.

B.     Complete the following sentences by using the word in the brackets. Remember to use the correct form of the degrees of comparison.
1.      She travels by train . . . (often) than by plane.
2.      Traveling by plane is . . . (fast) than by train.
3.      Traveling by plane is also . . . (convenient) than by train, but it is . . . (expensive).
4.      When your bus passes the town, you will see a tall tower. It is . . . (tall) in the area.
5.      The prices of food in the restaurant on the executive train are . . . (expensive) than those in the restaurant downtown.
                                  


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               






















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     Could You Tell Me the Way?
Alokasi Waktu                    :     22 Jam @ 40 Menit

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.    Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
           1.7. Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus

B.      Tujuan Pembelajaran
1.       Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam bentuk ungkapan untuk menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan.
2.       Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon ungkapan tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan
3.       Reading
Siswa mampu membaca paragraf, dialog yang berisi tentang mananyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4.       Writing
Siswa mampu menyusun; dan atau melengkapi dialog yang berisi tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan dan kemampuan.

C.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

D.     Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan

E.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Matching  the statements with  the correct pictures;
§  Listening for information: dialogs;
§  Listening to the dialogs filling the missing words;
§  Giving opinions.

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying expressions commonly used in asking and giving direction, expressing preference and capabilities;
§  Interviewing for one’s capabilities, preferences, asking and giving directions based on maps given;
§  Responding to questions using conditional sentences type 1;
§  Reading for information: passages, dialogues, etc.;
§  Completing a dialogue about giving directions or locations;
§  Writing sentences using conditional type 1;
§  Composing dialogues involving preferences and capabilities and giving directions.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  Students make the report of their work;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He suggests to the students that they keep studying hard.

F.  Penilaian
1.  Written test
2.  Multiple choice  and performance test (oral test)


Contoh soal:
A.  Answer the following questions using the correct preference forms.
1.       Rendra            :     Do you like hiking or climbing?
Bima               :     . . . .
2.       Aulia                :     Which one do you like, listening to music or reading a newspaper?
Budi                :     . . . .
3.       Lola                 :     Do you like living in a village or a big city?
Ria                   :     . . . .
4.       Arifin               :     Which one do you prefer, an apple or a mango?
Barry               :     . . . .
5.       Maya              :     Do you like tea or mineral water?
Hakim            :     . . . .

B. Complete the following sentences using can, can’t, could or couldn’t.
  1. I feel guilty because I . . . go to his birthday party yesterday.
  2. She spoke so quickly nobody . . . understand her.
  3. Last year, Sally . . . jump 5 meters, but now she can.
  4. Smoking cigarettes . . . causes cancer.
  5. I can’t sing now, but I . . . sing well when I was child.

C.  Can you describe how to get to your house from your school? Write down the directions.


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               








































                                     











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :     SMK SWASTA ALA DELPHI
Mata Pelajaran                   :     Bahasa Inggris
Kelas                                     :     X
Topik                                     :     Would You Like to Come to My House?
Alokasi Waktu                    :     18 Jam @ 40 Menit

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     1.   Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.8. Menuliskan undangan sederhana

B.  Tujuan Pembelajaran
  1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam ungkapan untuk menyampaikan undangan dengan tepat.
  1. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan menyampaikan ungkapan undangan dengan baik  dan tepat.
  1. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, e-mail/ surat yang berisi tentang ungkapan menyampaikan undangan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
  1. Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dan atau menulis dialog yang berisi tentang penyampaian undangan; menulis surat undangan yang sederhana.

B.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                          : Kontekstual
2.       Metode                                  : Question and answer, role playing, observation, lecture

C.      Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for Vocational School  Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
D.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1.       Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§  Listening to a  dialog and filling in the missing words;
§  Dictation: Listening  and writing  down the expressions heard;
§  Answering questions  that are asked by teacher;

2.       Kegiatan Inti
§  Identifying  expressions, phrases commonly used in invitation letters;
§  Responding to questions dealing with invitations using “yes-no” and “wh-” questions.
§  Creating dialogues in pairs;
§  Dialogue practice;
§  Reading for information: invitation letters;
§  Changing statements into reported speech;
§  Composing the reply of an invitation letter;
§  Writing personal invitations.

3.       Kegiatan Akhir (Penutup)
§  The teacher tells students to hand in their work and make the report of their discussion;
§  Their teacher concludes the lesson instructed then by giving questions to some of the students at random;
§  He gives them an assignment;
§  He tells them of the next meeting lesson;
§  He gives students to study more at home.

E.       Penilaian
1.       Written test
2.       Multiple choice  and performance test (oral test)

Contoh soal:
A.  Give suitable responses to the following invitations.
1.       Would you like to see a movie?
2.       Would you like to come with me to the street parade?
3.       Would you like to have lunch with me?
4.       ‘Ungu’ will be performing tomorrow. Would you be interested in going with me to watch it?
5.       Would you like to come to my brother’s wedding party?

B.  Make short dialogs based on the situations below. Practice the dialogs in front of the class.
1.       You invite your friend to go to your birthday party. Your friend accepts your invitation.
2.       You invite your friend to go swimming on Saturday. Your friend accepts your invitation.
3.       You ask your friend to come to your house. Unfortunately,  they can’t come because they have to clean their bedroom.
4.       You invite your friend to play basketball on Friday. Your friend agrees to go with you.
5.       You ask your friend to go shopping after school, but they can’t go with you because they need to go home early.


C. Write an invitation letter and the reply of it.


erwerwrwMengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               




C. Write an invitation letter and the reply of it.


Tigabinanga,           Juli 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




Drs. Basmi Sembiring, S.Pd                                                                                               Joint Tarigan, S.Pd
                                                                                                                                               




0 komentar:

Posting Komentar