PROGRAM TAHUNAN
Nama Sekolah : SMP NEGERI 3 TIGABINANGA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII – Ganjil & Genap
Target Nilai Prota :
......
SMT
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
KET
|
1
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
|
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
mengakui, mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak
tutur: mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,
memuji, dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan
memuat ungkapan-ungkapan:
A : Let me help you.
B : Thank you so much.
A: Can I have a bit?
B: Sure. Here you are.
A: Did you break the glass?
B: Yes I did / No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
Percakapan singkatan
memuat ungkapan – ungkapan:
A: Would you come to my party?
B: I’d love to / I want
to, but ........
A; I do agree
B; Thanks for the support.
A; No way ....
B: It’s O.K. No problem
A: You have beautiful hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B: Thank you.
|
||
Mendengarkan
2. Memahami makna
dalam teks lisan fungsional dan
monolog pendek sederhana berbentukdescriptive danrecount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar.
|
2.1 Merespon makna
yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2.2 Merespon makna
yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
·
Teks fungsioanl pendek
berupa : Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.Mona
·
Ciri kebahasaan teks
fungsional pendek
·
Langkah retorika teks:
-
descriptive (identification – descriptions)
-
recount ( orientation events)
-
reorientation
Teks lisan berbentuk
·
descriptive
·
recount
Langkah retorika teks
:
·
descriptive
(identification – descriptions)
·
recount ( orientation
events – reorientation)
|
|||
Berbicara
3. Mengungkap kan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2 Memahami dan
merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Percakapan singkatan
memuat ungkapan – ungkapan.
A; Let me help you.
B: Thank you so much.
A: Can I have a bit.
B: Sure. Here you are.
A: Did you break the glass?
B: Yes, I did /
No, it wasn’t me.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
A: Would you come to
party?
B: I’d love to / I wan’t to,
but .........
A: I do agree.
B: Thanks for the
Support.
A: No, way, ...
B: It’s O.K. I
understand.
A: You have beautiful
hair.
B: Thank you.
A: Happy birthday.
B; Thank you.
|
|||
Berbicara
4. Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
4.1 .Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
4.2. Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa nista
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :Undangan
1.
Teks pendek berbentuk recount
2.
–
informasi faktual
-
informasi rinci
-
gagasan utama
-
gagasan pendukung
dalam teks pendek berbentuk recount
3.
Ciri kebahasaan teks recount
|
|||
Membaca
5. Memahami makna teks
tulis fungsional dan esei pendek
sederhana berbentuk descriptive dan
recount yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
|
5.1 Membaca nyaring bermakna teks
tulis fungsional dan esei berbentuk descriptive
dan recount pendek dan
sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar
5.2 Merespon makna dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingungan sekitar
5.3 Merespon makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek berupa:
Undangan
·
Makna gagasan
·
Makna tekstual dalam teks descriptive dan recount
·
Langkah retorika teks descriptive
dan recount
·
Tujuan komunikatif teks descriptive dan recount
|
|||
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
6.1.Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis
fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
6.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk descriptive dan recount
|
Teks fungsional pendek
berupa :
- Undangan - Pengumuman - Pesan Singkat
Teks rumpang
berbentuk - descriptive - recount
Kalimat acak
|
|||
Jumlah
|
|||||
2
|
Mendengarkan
7. Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
7.1 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuat
7.2 Merespon makna yang terdapat
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan yang memuat
ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do
you mind lending me some money?
B: No
Problem / I want to, but ...
A: Can I
have a bit
B: Sure,
here you are
A:Here’s
some money for you
B: I
can’t take this, sorry
A: Do
you like it?
B: Yes I
do
A: Have
you done it?
B:
Sorry, I haven’t
A: Do
you think it’s good?
B: I
think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would
you like some...
B: Yes,
please / No, thanks
Percakapan yang memuat
ungkapan-ungkapan berikut:
A: What
if it I do it again.
B: Fine,
with me.
A: I
have to go now.
B: Do
you have to?
A: ..........
B: Right
/ I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you
?
·
Thanks/ Bye.../ See you.
·
Could I speak to .... please?
·
Well, I’m calling to....
·
Nice talking to you
|
||
Mendengarkan
8. Memahami makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
8.1 Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2 Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
Percakapan yang memuat
ungkapan-ungkapan berikut:
A: Do
you mind lending me some money?
B: No
Problem / I want to, but ...
A: Can I
have a bit
B: Sure,
here you are
A:Here’s
some money for you
B: I
can’t take this, sorry
A: Do
you like it?
B: Yes I
do
A: Have
you done it?
B:
Sorry, I haven’t
A: Do
you think it’s good?
B: I
think so / Sorry, I can’t say anything
A: Would
you like some...
B: Yes,
please / No, thanks
Percakapan yang memuat
ungkapan-ungkapan berikut:
A: What
if it I do it again.
B: Fine,
with me.
A: I
have to go now.
B: Do
you have to?
A: ..........
B: Right
/ I see / Hm...m.
·
Hello, excuse me .....
·
Did you? / Were you
?
·
Thanks/ Bye.../ See you.
·
Could I speak to .... please?
·
Well, I’m calling to....
·
Nice talking to you
|
|||
Berbicara
9. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
9.1.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi,
menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta, memberi dan
mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan
/ menerima / menolak sesuatu
9.2.Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi
persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara,
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
Percakapan singkat memuat ungkapan
– ungkapan :
A: Do you mind lending me some money?
B: No,
problems
A: Can I
have a bit?
B: Sure,
here you are.
A: Here
is some money for you.
B:
Sorry, I can’t take this.
A: Do
you like it ?
B: Yes,
I do.
A: Have
you done it?
B:No, I
haven’t.
A: Do
you think it’s good?
B: I
think it is / Sorry I can’t say any thing
A: Would
you like some .....?
B: Yes,
please / No, Thanks
Teks percakapan memuat
ungkapan berikut:
A: what
if I do it again?
B: Fine
with me.
A: I
Must go now
B: Do
you have to?
·
Right.
·
I see.
·
Hm...m yeah
·
Hello,excuse me
·
Did you? / Were you?
·
Thanks/ Bye / see you
·
Could I speak to ..?
·
Well,I’m calling to ...?
·
Nice talking to you.
|
|||
Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
|
10.1
Mengungkapkan makna dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
10.2
Mengungkapkan makna dalam monolog
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar,
dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
·
Teks fungsional pendek :
- Undangan
- Pengumuman
- Pesan singkat
·
Teks monolog berbentuk narrative
|
|||
Membaca
11. Memahami
makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
11.1
Membaca nyaring bermakna teks
fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan
narrative dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.2
Merespon makna dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3
Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan nararative
|
·
Teks Essai berbentuk narrative / recount
·
Ciri kebahasaan
Teks
Essai berbentuk narrative / recount
·
Tujuan komunikatif teks essai narratif
/ recount
·
Langkah retorika narrative
/ recount
·
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan
·
Tujuan komunikatif
·
Ciri kebahasaan
|
|||
Menulis
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan
esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
|
12.1.
Mengungkapkan makna dalam bentuk
teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
12.2.
Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar berbentuk recount
dan narrative
|
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat
·
Teks Essai narrative
/ recount
·
Ciri kebahasaan teks narrative / recount
·
Langkah retorika teks narrative / recount
|
|||
Jumlah
|
Kutabangun, Juli 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Karel
Purba, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
NIP.
19610101 198602 1 003 NIP.
19730704 201406 1 003
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester :VII/Genap
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Sumber
belajar
|
penilaian
|
3.5 Mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
4.5 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi
terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi,
mengkritisi, memberikan penilaian tentang orang, binatang, dan benda dari
segi sifatnya.
·
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait sifat orang, benda,
binatang
- Kosa kata, terkait dengan ciri fisik (a.l. red, big, dark, loud), selera (a.l. nice, beautiful, cute),
mental (a.l. clever, smart), psikologis (a.l. happy, sad, disappointed, angry, wild), budi (a.l. kind,
good, polite)
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
·
Topik
Sifat dan keadaan orang, binatang,
benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik
yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
|
3.5.1
mengidentifikasi tindakan memberi dan
meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, dan benda dengan
konteks adjective
3.5.2
mengidentifikasi interaksi
transaksional lisan dan tulis
4.5.1
menyusun teks interaksi tindakan
member dan meminta
|
· Menyimak dan menirukan
guru menanyakan dan menyebutkan sifat orang dan binatang yang terdapat
di rumah, sekolah, dan sekitarnya, dengan tata bahasa, ucapan dan tekanan
kata yang benar
·
Mencermati beberapa teks pendek yang
mendeskripsikan sifat orang, benda, dan binatang di kelas dan sekolah untuk
kemudian membaca dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
·
Bertanya jawab tentang sifat beberapa
benda di dalam dan sekitar rumah
·
Membaca beberapa teks pendek tentang
sifat orang, benda, binatang di dalam dan di sekitar rumah dan sekolah
sekitarnya
· Bertanya jawab tentang sifat orang, benda, binatang
terkenal
· Melakukan refleksi tentang proses dan
hasil belajarnya
|
20 JP
|
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
|
· Tes Tertulis
· Tes
Lisan
· Proyek,
pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
|
3.6
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
tingkah laku/tindakan/ fungsi orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan kalimat declarative,
interrogative, simple present tense)
4.6
Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,
dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsurkebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengidentifikasi,
mengkritisi orang, binatang, dan benda dari segi sifatnya.
·
Struktur teks
-
Memulai
-
Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur kebahasaan
- Pernyataan dan pertanyaan terkait tingkah
laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
-
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif) dalam simple present tense
-
Kalimat interogative: Yes/No question; Wh-question
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan
tulisan tangan
·
Topik
Tingkah laku/tindakan/ fungsi orang,
binatang, benda, yang terdapat di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar
peserta didik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
|
3.6.1
Mengidentifikasi fungsi social dari
ungkapan untuk memberi dan meminta
informasi terkait dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang,benda
3.6.2
Mengidentifikasi struktur teks dari
ungkapan untuk memberi dan
meminta informasi terkait
dengan tingkah laku/tindakan/fungsi orang, binatang, benda
3.6.3
Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks dengan (kalimat
declarative, interrogative, simple present tense)
4.6.1
Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis terkait tingkah laku/tindakan/fungsi
orang, binatang dan benda dengan
fungsi sosial
|
·
Menyimak guru membacakan beberapa teks
pendek kebiasaan yang dilakukan orang dan binatang yang terdapat di rumah,
sekolah, dan sekitarnya, dan kemudian menirukannya kalimat-kalimat dengan
tata bahasa, ucapan dan tekanan kata yang benar
·
Didiktekan guru, peserta didik menulis
teks-teks tersebut dengan tulis tangan, dengan ejaan dan tanda baca yang
benar
·
Membuat teks-teks pendek tentang
kebiasaan yang dilakukan beberapa
orang dan binatang yang sangat dikenal
·
Bertanya jawab
tentang isi teks yang telah ditulis dengan kelompok lain.
·
Melakukan refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
20 JP
|
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
|
· Tes Tertulis
· Tes
Lisan
· Proyek,
pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
|
3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda sangat
pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.7. Teks Deskriptif
4.7.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana,
terkait orang, binatang, dan benda
4.7.2 Menyusun teks
deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
·
Fungsi sosial
Mendeskripsikan, mengenalkan, memuji,
mengidentifikasi, mengkritik
·
Struktur teks
Dapat mencakup:
-
identifikasi (nama keseluruhan dan
bagian)
-
sifat yang menjadi pencirinya
-
fungsi, perilaku, manfaat, tindakan,
kebiasaan yang menjadi penciri orang,
binatang, atau benda yang
dibicarakan.
·
Unsur kebahasaan
-
Kalimat deklaratif (positif dan
negatif), dan interrogative (Yes/No
question; Wh-question), dalam
simple present tense
-
Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Orang, binatang, benda, yang terdapat
di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar peserta didik, termasuk bangunan
publik yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI
|
3.7.1
Membedakankan fungsi sosial dengan
materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi
orang, binatang, dan benda
3.7.2
Membedakankan struktur teks dengan
materi pembelajaran memberi dan meminta informasi terkait dengan deskripsi
orang, binatang, dan benda sangat pendek dan sederhana
3.7.3
Membedakankan unsur kebahasaanbeberapa
teks deskriptif lisan dan tulisdengan materi pembelajaran memberi dan meminta
informasi terkait dengan deskripsi orang, binatang, dan benda
4.7.1
Teks deskriptif membandingkan konteks
penggunaan dengan lisan dan tulis
4.7.1.1
Memahamifungsi sosial makna secara
kontekstual terkait materi perbedaan fungsideskriptif lisan dan tulis terkait
orang, binatang, dan benda
4.7.1.2
Memahami struktur teks makna secara
kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait
orang, binatang, dan benda
4.7.1.3
Memahami unsur kebahasaan makna secara
kontekstual terkait materi perbedaan deskriptif lisan dan tulis terkait
orang, binatang, dan benda
4.7.2.1
Mempelajari teks deskriptif lisan dan
tulis dengan memperhatikan pembelajaran fungsi social terkait orang,
binatang, dan benda
4.7.2.2
Mempelajari teks deskriptif lisan dan
tulis dengan memperhatikan pembelajaran struktur teks terkait orang, binatang
dan benda
4.7.2.3
Mempelajari teks deskriptif lisan dan
tulis dengan memperhatikan pembelajaran unsur kebahasaanterkait orang,
binatang, dan benda
|
·
Membaca beberapa teks deskriptif
tentang sekolah termasuk benda-benda dan binatang-binatang yang ada yang
disertai foto atau gambar yang menarik
·
Bertanya tentang informasi yang
terkait di dalam teks tersebut.
·
Menggunakan alat analisis (tabel atau
bagan mind-map) untuk mempelajari
sistematika deskripsi yang diterapkan
·
Mengamati suatu benda/binatang/orang
yang sangat dikenal, untuk mengumpulkan data tentang jumlah, sifat, perilaku,
dll. Untuk mengritik/ menyatakan kekaguman/ mempromosikan
·
Dalam kelompok membuat proyek kecil:
dengan bantuan mind-map, membuat
teks deskripsi tentang kota atau desanya untuk mempromosikan
·
Menempelkan teks di dinding kelas dan
bertanya jawab dengan pembaca (siswa lain, guru) yang datang membacanya
·
Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya
|
28 JP
|
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
|
· Tes Tertulis
· Tes
Lisan
· Proyek,
pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
|
3.8
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8
Menangkap makna secara kontekstual
terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
·
Fungsi sosial
Mengembangkan nilai-nilai kehidupan
dan karakter yang positif
·
Unsur kebahasaan
-
Kosa kata dan
tata bahasa dalam lirik lagu
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
·
Topik
Hal-hal yang dapat memberikan keteladanan dan menumbuhkan
perilaku yang termuat di KI
|
3.8.1
Memahami fungsi sosial dalam lirik
lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
3.8.2
Memahami unsur kebahasaan dalam lirik
lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs
4.8.1
Mempelajari makna secara kontekstual
terkait dengan fungsi sosial dalam pembelajaran lirik lagu terkait kehidupan
remaja SMP/MTs
4.8.2
Mempelajari makna secara kontekstual
terkait dengan unsur kebahasaan dalam pembelajaran lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs
|
u |
4 JP
|
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
· Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Ingris.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
|
· Tes Tertulis
· Tes
Lisan
· Proyek,
pengamatan, Portofolio / unjuk kerja
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : How’s Life
Alokasi Waktu : 9 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.1. Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial
untuk kepentingan kehidupan
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak pembicaraan tentang
salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau
permintaan maaf.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon
dengan baik tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan
terimakasih dan atau permintaan maaf.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, surat yang
berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan
terimakasih dan atau permintaan maaf; menterjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan,
ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang
relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Completing the missing words
§ Listening
to a dialog and answering questions
§ Matching pictures with appropriate
sttatements
§ Giving opinions
2. Kegiatan Inti
§ Identifying formal and informal expressions
commonly used for greetings, leave
takings, introducing, thanking, , and apologizing;
§ Saying greeting, introducing,
thanking, leave takings, and apologizing expressions based on the situations given;
§ Role playing dialogs describing greeting
and leave taking situations;
§ Making short dialogs based on the
situations given;
§ Reading for information: a letter, a passage about introduction;
§ Completing sentences with the correct
personal pronouns, possessive adjective, and possessive pronouns;
§ Completing a dialog with the correct
expressions;
§ Creating
letters based on the situations given.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students hand in their tasks;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. You are going to hear two short dialogs. Listen and complete the
missing words.
1. Andy : Hello, Linda. . . . you getting on?
Linda : Fine, thanks. How are you?
Andy : . . . .
2. Satria : Hello, Angel.
Angel : . . . , Satria.
Satria : I think I’d better be going, or . . . late for
school. Goodbye.
Angel : . . . , Satria.
B. Make short
dialogs based on the following situations.
1. You woke up late this morning. Now, you are
having breakfast with your family, but can’t finish it because you are in a
hurry. Give an excuse to your family.
2. You meet your old friend on your way to
school. You greet him/her cheerfully, but you can not talk too long because you
are in a hurry. Give an excuse to your friend.
3. You arrive at your manager’s party. You
meet some friends that you know well. You are enjoying the party but
unfortunately you have to leave early. Give an excuse to your manager.
C. Complete the following sentences with the
correct personal pronoun, possessive adjective, or possessive pronoun.
1. The
girl is beautiful. I bought . . . some
flowers.
2. Hari
borrowed one of my dictionaries. He lost . . . .
3. Mr.
Tono put . . . shoes under the table.
4. My
mother always makes a lot of delicious food. . . . loves cooking so much.
5. Ari : Can I use your car?
Bobby : Oh, I’m sorry. Rendi is using . . . car.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Is It Made of?
Alokasi Waktu : 12 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.2. Menyebutkan benda-benda,
ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak, mengingat, mengenal
dan ungkapan untuk mendeskripsikan
sesuatu, dan menunjukan bilangan;
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon
ungkapan yang mendeskripsikan sesuatu,
dan menunjukan bilangan seperti nomor telepon.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, grafik,
tabel, menu, jadwal; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi
dialog, tabel, ukuran atau mencatat hal-hal yang berhubungan dengan ungkapan untuk
mendeskripsikan sesuatu dan bilangan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching pictures with correct statements;
§ Listening for information;
§ Dictations: telephone numbers, prices,
sequence, arithmetic process;
§ Answering questions asked by
teacher.
2. Kegiatan Inti
§ Rewriting numbers in letters;
§ Describing things in pictures;
§ Making a dialog which has to do with the
situation provided and acting it out in front of the class;
§ Reading for information and answering
questions;
§ In pairs, creating dialogs based on the
situations given;
§ Choosing the correct word order;
§ Writing dates, days and months in letters
or in numbers;
§ Writing desriptions of things in pictures.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students hand in their works;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He gives them spirit to keep studying hard.
F. Penilaian
a. Written test
b. Multiple choice and performance test (oral
test)
Contoh soal:
A. How do you write these numbers using
digits?
1. Nine thousand, three hundred and sixty
three.
2. Five thousand seven hundred.
3. Three thousand and twenty-eight.
4. Twelve thousand five hundred.
5. Thirty thousand, nine hundred and
fifty-five.
B. Write these dates as numbers.
1. May the first = May
1
2. January the twenty-third = .
. . .
3. September the tenth = . .
. .
4. April the nineteenth = . . . .
5. March the twelveth
= . . . .
6. January the second = . .
. .
7. December the seventeenth = .
. . .
8. July the thirty-first = . . . .
9. August the eleventh = . .
. .
10. November the thirtieth = . . . .
C. Choose the
correct word order.
1.
A. A
small Canadian thin lady.
B. A
Canadian small thin lady.
C. A
small thin Canadian lady.
D. A
thin small Canadian Lady.
2. A. A
beautiful blue sailing boat.
B. A
blue beautiful sailing boat.
C. A
sailing beautiful blue boat.
D. A
blue sailing beautiful boat.
3. A. An
old wooden square table.
B. A
square wooden old table.
C. An
old square wooden table.
D. A
wooden old square table.
4. A. A
new French exciting band.
B. A
French new exciting band.
C. An
exciting French new band.
D. An
exciting new French band.
5. A. A
red big plastic hat.
B. A
big red plastic hat.
C. A
plastic big red hat.
D. A
big plastic red hat.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Do They Look Like?
Alokasi Waktu : 21 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.3.
Mendeskripsikan
orang, dan ciri-cirinya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan untuk mendeskripsikan orang digunakan dengan tepat.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
dengan baik ungkapan menggambarkan orang.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang mendeskripsikan orang; menterjemahkannya; pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dialog
yang berisi tentang mendeskripsikan orang.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode : Question and answer, role playing,
observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Listening for information and filling in
the identity card;
§ Guessing people;
§ Matching pictures with names of
professions;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Completing
the table of nationalities;
§ Undestanding and continuing a dialog;
§ Role playing a dialog with a partner;
§ Reading a dialog and answering questions;
§ Finding the synonyms of words in the dialog
and looling up a dictionary to find the antonyms of words;
§ Reading a passage for information;
§ Finding ten adjectives in the passage and
writing the synonyms of each word;
§ Rearranging jumbled letters in sentences;
§ Describing people in pictures based on the
physical appearance;
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their
discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
2. Written test
3. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Complete the table of nationalities below.
No
|
Country
|
Language
|
Nationality
|
1
2
3
4
5
|
Poland
Spain
. . . .
Turkey
. . . .
|
. . . .
Spanish
Swedish
. . . .
German
|
Polish
. . . .
Swedish
Turkish
German
|
B. Rearrange
the jumbled letters in the following sentences.
1. The woman is a-u-i-u-f-b-l-t-e.
2. Her hair is y-u-r-c-l and l-b-o-e-d-n.
3. Her face is v-l-o-a.
4. She has g-b-i eyes.
5. She has a d-p-i-n-o-e-t nose.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : How Do You Feel?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
1.
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.4. Menghasilkan tuturan
sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan simpati.
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan simpati.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang ungkapan simpati; menerjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun, dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang ucapan simpati.
C. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat
dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang
relevan
E.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Dictation:
listening and writing down words that show feelings;
§ Listening and filling in the missing words;
§ Listening for information and writing down
expressions;
§ Giving
answers or opinions when teacher ask.
2.
Kegiatan Inti
§ Identifying common expressions of regret,
sympathy, offering things, giving and responding to commands and requests as
well as asking and giving permission;
§ Completing dialogs with the expressions
from the box;
§ Creating dialogs or a conversations with
the situations given and acting them out in front of the class;
§ Completing sentences with adjectives
eanding in –ing or –ed;
§ Choosing the adjective to complete sentences;
§ Putting words in brackets into the correct
forms;
§ Reading dialogs and finding words related
to feeling;
§ Reading a passage for information and
anwering questions;
§ Writing an invitation letter with the
situation given;
§ Writing the responses of the situations
given.
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students submit their assignment;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance
test (oral test)
Contoh soal:
A. Fill in the blanks with the correct expressions from the box,
then practice the dialogs in pairs.
1.
John : Hey Sammy, what happened to your leg?
Sammy : I
hurt it when I was playing football.
John : . . . . How did you do that?
Sammy : I
fell down as I was running to get the ball.
John : . . . .
Sammy : Yes.
I won’t be able to play for a month.
2. Danny : I’m
afraid I can’t come to your party tonight. I have to take my grandfather to the
hospital.
Jay : . . . .
Danny : He
had a heart attack.
Jay : . . . .
A. I’m sorry to hear that.
B. Oh my God.
C. Is that so?
D. Oh my. What happened?
E. How awful.
F. That’s too bad.
|
B.
Choose
the correct adjective to complete these sentences.
1. I seldom visit art galleries. I’m not very
(interested/interesting) in art.
2. We had to walk for more than two hours. It
was very (tired/tiring).
3. Why do you always look so (bored/boring)?
Is your life really so (bored/boring)?
4. He’s one of the most (bored/boring)
people I’ve ever met. He never stops talking and never says anything (interesting/interested).
5. I’m starting a new job next week. I’m quite
(exciting/excited) about it.
C. Read
the situations, then write what you would say.
1. You want to borrow your friend’s camera. What would you say to
him/her?
2. You have to go to the airport but you don’t know how to get
there. You ask a passerbay..
3. You are sitting on a bus. An old woman is standing near you.
What would you say to the old woman?
4. You want to leave school early because you are ill. What would
you say to your teacher?
5. You want your friend to show you how to change the disc in your
camcorder. What would you say to him or her?
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What are You Doing?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
- Berkomunikasi
dengan bahasa Inggris setara Level
Novice.
1.5. Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang
terjadi.
B. Tujuan
Pembelajaran
- Listening
Siswa mampu menyimak berbagai bentuk untuk
menggambarkan peristiwa yang sedang terjadi.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan tentang peristiwa yang sedang terjadi.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi;
menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun, dan melengkapi dialog
yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi.
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kooperatif
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D.
Sumber,
Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
a.
Listening
and matching oral statements with
pictures given;
b.
Listening
to a dialog and completing it;
c.
Listening
to the descriptions and writing them
down;
d.
Giving
opinions.
2. Kegiatan Inti
a. Identifying expressions commonly used in
describing events;
b. Describing events taking place based on the
pictures;
c.
Completing
sentences with there is or there are;
d. Reading for information: passages;
e.
Completing
sentences with the correct form of to be (am/is/are);
f.
Changing
verbs into the correct form of V-ing;
g.
Reading
a dialog and answering questions;
h. Writing a dialog with the situation given;
i.
Discussing
with partners to describe what people are doing;
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Students make the report of their
discussion;
b. Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
c.
He
gives them an assignment;
d. He tells them of the next meeting lesson;
e.
He
suggests to the students that they keep studying hard.
F. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral
test)
Contoh soal:
A. Listen to the dialog and complete the
following sentences.
Nina : What (1) . . . you doing now, Anton?
Anton : I (2) . . . soccer match on TV. How about
you?
Nina : I am (3) . . . for my friends, but I think
they are (4) . . . .
Anton : I think you should (5) . . . your friends.
Nina : Thank you for your advice.
Anton : You’re welcome.
B. Fill in the blanks with “There is” or “There are”.
1. . . . some novels in the library.
2. . . . some tea in the jar.
3. . . . a computer on the table.
4. . . . an apple tree in my uncle’s garden.
5. . . . a pair of shoes under the bed.
6. . . . a lot of passengers on the plane.
7. . . . many hotels near the beach.
8. . . . some tourists visiting the old temple.
9. . . . a bowl of ice cream in the refrigerator.
10. . . . a beautiful painting in the living room.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Does the Sign Mean?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.6. Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan
kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai ungkapan
untuk menjelaskan tanda dan symbol yang tepat.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan
menjelaskan jadwal dan menu.
3. Reading
Siswa mampu memahami jadwal dan daftar;
menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun; menentukan ukuran dan
melengkapi dialog yang berisi tentang jadwal dan memo.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kooperatif
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching pictures with the information of
the road signs;
§ Listening
and matching pictures with the correct statements;
§ Listening to dialogs and matching each
picture with the correct dialog;
§ Listenig and putting a tick in the correct
picture;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Identifying expressions or phrases commonly
used in explaining signs and symbols;
§ Practicing a dialog with a partner;
§ Completing a dialog with the correct words, phrases or
expressions;
§ Creating a dialog based on the menu;
§ Completing sentences using the correct form of the degrees of comparison;
§ Reading
for information and answering questions;
§ In pairs, designing a menu of a restaurant
and then making a role play based on the menu and acting it
out in front of the class;
§ Reading a memo and answering questions;
§ Making a memo based on the situation given.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their
discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Read the dialog and fill in the blanks.
Waiter : What would you like to (1) . . . ?
Nina : I’d like to have (2) . . . .
Waiter : Which (3) . . . do you want? (4) . . . or
(5) . . . ?
Nina : (6) . . . , please.
Waiter : All right and what would you like to (7) .
. . ?
Nina : I want to order a (8) . . . of tea.
Waiter : a cheese omelet and a cup of tea. Your (9)
. . . will be ready in a few minutes.
B. Complete
the following sentences by using the word in the brackets. Remember to use the
correct form of the degrees of comparison.
1. She travels by train . . . (often) than by plane.
2. Traveling by plane is . . . (fast) than by train.
3. Traveling by plane is also . . . (convenient) than by
train, but it is . . . (expensive).
4. When your bus passes the town, you will see a tall tower. It is
. . . (tall) in the area.
5. The prices of food in the restaurant on the executive train are
. . . (expensive) than those in the restaurant downtown.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : Could You Tell Me the Way?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara
Level Novice
1.7. Memahami kata-kata dan istilah
asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam bentuk
ungkapan untuk menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan
dan kemampuan.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan
pilihan dan kemampuan
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, dialog yang
berisi tentang mananyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan
dan kemampuan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun; dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah,
menyatakan pilihan dan kemampuan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching
the statements with the correct
pictures;
§ Listening for information: dialogs;
§ Listening to the dialogs filling the
missing words;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Identifying expressions commonly used in
asking and giving direction, expressing preference and capabilities;
§ Interviewing for one’s
capabilities, preferences, asking and giving directions based on maps given;
§ Responding to questions using
conditional sentences type 1;
§ Reading for information:
passages, dialogues, etc.;
§ Completing a dialogue about
giving directions or locations;
§ Writing sentences using
conditional type 1;
§ Composing dialogues involving
preferences and capabilities and giving directions.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their work;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance
test (oral test)
Contoh soal:
A. Answer the
following questions using the correct preference forms.
1. Rendra :
Do you like hiking or climbing?
Bima : . . . .
2. Aulia : Which one do you like, listening to music
or reading a newspaper?
Budi : . . . .
3. Lola : Do you like living in a village or a big
city?
Ria : . . . .
4. Arifin : Which one do you prefer, an apple or a
mango?
Barry : . . . .
5. Maya : Do you like tea or mineral water?
Hakim : . . . .
B. Complete the following
sentences using can, can’t, could or couldn’t.
- I feel
guilty because I . . . go to his birthday party yesterday.
- She spoke
so quickly nobody . . . understand her.
- Last
year, Sally . . . jump 5 meters, but now she can.
- Smoking
cigarettes . . . causes cancer.
- I can’t
sing now, but I . . . sing well when I was child.
C. Can you describe how to get to your house
from your school? Write down the directions.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : Would You Like to Come to My House?
Alokasi Waktu : 18 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara
Level Novice
1.8. Menuliskan
undangan sederhana
B. Tujuan
Pembelajaran
- Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan untuk menyampaikan undangan dengan tepat.
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan
menyampaikan ungkapan undangan dengan baik
dan tepat.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, e-mail/ surat
yang berisi tentang ungkapan menyampaikan undangan; menterjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dan atau
menulis dialog yang berisi tentang penyampaian undangan; menulis surat undangan
yang sederhana.
B. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
C. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Listening to a dialog and filling in the missing words;
§ Dictation:
Listening and writing down the expressions heard;
§ Answering questions that are asked by teacher;
2. Kegiatan Inti
§ Identifying
expressions, phrases commonly used in invitation letters;
§ Responding to
questions dealing with invitations using “yes-no” and “wh-”
questions.
§ Creating dialogues in
pairs;
§ Dialogue practice;
§ Reading for
information: invitation letters;
§ Changing statements
into reported speech;
§ Composing the reply
of an invitation letter;
§ Writing personal
invitations.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ The teacher
tells students to hand in their work and make the report of their discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He gives students to study more at home.
E. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Give
suitable responses to the following invitations.
1. Would you like to see a movie?
2. Would you like to come with me to the
street parade?
3. Would you like to have lunch with me?
4. ‘Ungu’ will be performing tomorrow. Would
you be interested in going with me to watch it?
5. Would you like to come to my brother’s
wedding party?
B. Make short dialogs based on the situations
below. Practice the dialogs in front of the class.
1. You invite your friend to go to your birthday
party. Your friend accepts your invitation.
2. You invite your friend to go swimming on
Saturday. Your friend accepts your invitation.
3. You ask your friend to come to your house.
Unfortunately, they can’t come because
they have to clean their bedroom.
4. You invite your friend to play basketball
on Friday. Your friend agrees to go with you.
5. You ask your friend to go shopping after
school, but they can’t go with you because they need to go home early.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : How’s Life
Alokasi Waktu : 9 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.1. Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial
untuk kepentingan kehidupan
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak pembicaraan tentang
salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan, ucapan terimakasih dan atau
permintaan maaf.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon
dengan baik tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan
terimakasih dan atau permintaan maaf.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, surat yang
berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan perkenalan, ucapan
terimakasih dan atau permintaan maaf; menterjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang salam pertemuan dan salam perpisahan, perkenalan,
ucapan terimakasih dan atau permintaan maaf.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang
relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Completing the missing words
§ Listening
to a dialog and answering questions
§ Matching pictures with appropriate
sttatements
§ Giving opinions
2. Kegiatan Inti
§ Identifying formal and informal expressions
commonly used for greetings, leave
takings, introducing, thanking, , and apologizing;
§ Saying greeting, introducing,
thanking, leave takings, and apologizing expressions based on the situations given;
§ Role playing dialogs describing greeting
and leave taking situations;
§ Making short dialogs based on the
situations given;
§ Reading for information: a letter, a passage about introduction;
§ Completing sentences with the correct
personal pronouns, possessive adjective, and possessive pronouns;
§ Completing a dialog with the correct
expressions;
§ Creating
letters based on the situations given.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students hand in their tasks;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. You are going to hear two short dialogs. Listen and complete the
missing words.
1. Andy : Hello, Linda. . . . you getting on?
Linda : Fine, thanks. How are you?
Andy : . . . .
2. Satria : Hello, Angel.
Angel : . . . , Satria.
Satria : I think I’d better be going, or . . . late for
school. Goodbye.
Angel : . . . , Satria.
B. Make short
dialogs based on the following situations.
1. You woke up late this morning. Now, you are
having breakfast with your family, but can’t finish it because you are in a
hurry. Give an excuse to your family.
2. You meet your old friend on your way to
school. You greet him/her cheerfully, but you can not talk too long because you
are in a hurry. Give an excuse to your friend.
3. You arrive at your manager’s party. You
meet some friends that you know well. You are enjoying the party but
unfortunately you have to leave early. Give an excuse to your manager.
C. Complete the following sentences with the
correct personal pronoun, possessive adjective, or possessive pronoun.
1. The
girl is beautiful. I bought . . . some
flowers.
2. Hari
borrowed one of my dictionaries. He lost . . . .
3. Mr.
Tono put . . . shoes under the table.
4. My
mother always makes a lot of delicious food. . . . loves cooking so much.
5. Ari : Can I use your car?
Bobby : Oh, I’m sorry. Rendi is using . . . car.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Is It Made of?
Alokasi Waktu : 12 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.2. Menyebutkan benda-benda,
ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak, mengingat, mengenal
dan ungkapan untuk mendeskripsikan
sesuatu, dan menunjukan bilangan;
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan dan merespon
ungkapan yang mendeskripsikan sesuatu,
dan menunjukan bilangan seperti nomor telepon.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, grafik,
tabel, menu, jadwal; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun dan atau melengkapi
dialog, tabel, ukuran atau mencatat hal-hal yang berhubungan dengan ungkapan untuk
mendeskripsikan sesuatu dan bilangan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching pictures with correct statements;
§ Listening for information;
§ Dictations: telephone numbers, prices,
sequence, arithmetic process;
§ Answering questions asked by
teacher.
2. Kegiatan Inti
§ Rewriting numbers in letters;
§ Describing things in pictures;
§ Making a dialog which has to do with the
situation provided and acting it out in front of the class;
§ Reading for information and answering
questions;
§ In pairs, creating dialogs based on the
situations given;
§ Choosing the correct word order;
§ Writing dates, days and months in letters
or in numbers;
§ Writing desriptions of things in pictures.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students hand in their works;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He gives them spirit to keep studying hard.
F. Penilaian
a. Written test
b. Multiple choice and performance test (oral
test)
Contoh soal:
A. How do you write these numbers using
digits?
1. Nine thousand, three hundred and sixty
three.
2. Five thousand seven hundred.
3. Three thousand and twenty-eight.
4. Twelve thousand five hundred.
5. Thirty thousand, nine hundred and
fifty-five.
B. Write these dates as numbers.
1. May the first = May
1
2. January the twenty-third = .
. . .
3. September the tenth = . .
. .
4. April the nineteenth = . . . .
5. March the twelveth
= . . . .
6. January the second = . .
. .
7. December the seventeenth = .
. . .
8. July the thirty-first = . . . .
9. August the eleventh = . .
. .
10. November the thirtieth = . . . .
C. Choose the
correct word order.
1.
A. A
small Canadian thin lady.
B. A
Canadian small thin lady.
C. A
small thin Canadian lady.
D. A
thin small Canadian Lady.
2. A. A
beautiful blue sailing boat.
B. A
blue beautiful sailing boat.
C. A
sailing beautiful blue boat.
D. A
blue sailing beautiful boat.
3. A. An
old wooden square table.
B. A
square wooden old table.
C. An
old square wooden table.
D. A
wooden old square table.
4. A. A
new French exciting band.
B. A
French new exciting band.
C. An
exciting French new band.
D. An
exciting new French band.
5. A. A
red big plastic hat.
B. A
big red plastic hat.
C. A
plastic big red hat.
D. A
big plastic red hat.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Do They Look Like?
Alokasi Waktu : 21 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
1.
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.3.
Mendeskripsikan
orang, dan ciri-cirinya
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan untuk mendeskripsikan orang digunakan dengan tepat.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
dengan baik ungkapan menggambarkan orang.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang mendeskripsikan orang; menterjemahkannya; pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dialog
yang berisi tentang mendeskripsikan orang.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode : Question and answer, role playing,
observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Listening for information and filling in
the identity card;
§ Guessing people;
§ Matching pictures with names of
professions;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Completing
the table of nationalities;
§ Undestanding and continuing a dialog;
§ Role playing a dialog with a partner;
§ Reading a dialog and answering questions;
§ Finding the synonyms of words in the dialog
and looling up a dictionary to find the antonyms of words;
§ Reading a passage for information;
§ Finding ten adjectives in the passage and
writing the synonyms of each word;
§ Rearranging jumbled letters in sentences;
§ Describing people in pictures based on the
physical appearance;
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their
discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
2. Written test
3. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Complete the table of nationalities below.
No
|
Country
|
Language
|
Nationality
|
1
2
3
4
5
|
Poland
Spain
. . . .
Turkey
. . . .
|
. . . .
Spanish
Swedish
. . . .
German
|
Polish
. . . .
Swedish
Turkish
German
|
B. Rearrange
the jumbled letters in the following sentences.
1. The woman is a-u-i-u-f-b-l-t-e.
2. Her hair is y-u-r-c-l and l-b-o-e-d-n.
3. Her face is v-l-o-a.
4. She has g-b-i eyes.
5. She has a d-p-i-n-o-e-t nose.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : How Do You Feel?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
1.
Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.4. Menghasilkan tuturan
sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan simpati.
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan simpati.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang ungkapan simpati; menerjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun, dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang ucapan simpati.
C. Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat
dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang
relevan
E.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Dictation:
listening and writing down words that show feelings;
§ Listening and filling in the missing words;
§ Listening for information and writing down
expressions;
§ Giving
answers or opinions when teacher ask.
2.
Kegiatan Inti
§ Identifying common expressions of regret,
sympathy, offering things, giving and responding to commands and requests as
well as asking and giving permission;
§ Completing dialogs with the expressions
from the box;
§ Creating dialogs or a conversations with
the situations given and acting them out in front of the class;
§ Completing sentences with adjectives
eanding in –ing or –ed;
§ Choosing the adjective to complete sentences;
§ Putting words in brackets into the correct
forms;
§ Reading dialogs and finding words related
to feeling;
§ Reading a passage for information and
anwering questions;
§ Writing an invitation letter with the
situation given;
§ Writing the responses of the situations
given.
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students submit their assignment;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance
test (oral test)
Contoh soal:
A. Fill in the blanks with the correct expressions from the box,
then practice the dialogs in pairs.
1.
John : Hey Sammy, what happened to your leg?
Sammy : I
hurt it when I was playing football.
John : . . . . How did you do that?
Sammy : I
fell down as I was running to get the ball.
John : . . . .
Sammy : Yes.
I won’t be able to play for a month.
2. Danny : I’m
afraid I can’t come to your party tonight. I have to take my grandfather to the
hospital.
Jay : . . . .
Danny : He
had a heart attack.
Jay : . . . .
A. I’m sorry to hear that.
B. Oh my God.
C. Is that so?
D. Oh my. What happened?
E. How awful.
F. That’s too bad.
|
B.
Choose
the correct adjective to complete these sentences.
1. I seldom visit art galleries. I’m not very
(interested/interesting) in art.
2. We had to walk for more than two hours. It
was very (tired/tiring).
3. Why do you always look so (bored/boring)?
Is your life really so (bored/boring)?
4. He’s one of the most (bored/boring)
people I’ve ever met. He never stops talking and never says anything (interesting/interested).
5. I’m starting a new job next week. I’m quite
(exciting/excited) about it.
C. Read
the situations, then write what you would say.
1. You want to borrow your friend’s camera. What would you say to
him/her?
2. You have to go to the airport but you don’t know how to get
there. You ask a passerbay..
3. You are sitting on a bus. An old woman is standing near you.
What would you say to the old woman?
4. You want to leave school early because you are ill. What would
you say to your teacher?
5. You want your friend to show you how to change the disc in your
camcorder. What would you say to him or her?
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What are You Doing?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
- Berkomunikasi
dengan bahasa Inggris setara Level
Novice.
1.5. Menjelaskan secara sederhana kegiatan yang sedang
terjadi.
B. Tujuan
Pembelajaran
- Listening
Siswa mampu menyimak berbagai bentuk untuk
menggambarkan peristiwa yang sedang terjadi.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan tentang peristiwa yang sedang terjadi.
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, teks yang
berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi;
menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun, dan melengkapi dialog
yang berisi tentang mendeskripsikan peristiwa yang sedang terjadi.
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kooperatif
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D.
Sumber,
Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
a.
Listening
and matching oral statements with
pictures given;
b.
Listening
to a dialog and completing it;
c.
Listening
to the descriptions and writing them
down;
d.
Giving
opinions.
2. Kegiatan Inti
a. Identifying expressions commonly used in
describing events;
b. Describing events taking place based on the
pictures;
c.
Completing
sentences with there is or there are;
d. Reading for information: passages;
e.
Completing
sentences with the correct form of to be (am/is/are);
f.
Changing
verbs into the correct form of V-ing;
g.
Reading
a dialog and answering questions;
h. Writing a dialog with the situation given;
i.
Discussing
with partners to describe what people are doing;
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
a. Students make the report of their
discussion;
b. Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
c.
He
gives them an assignment;
d. He tells them of the next meeting lesson;
e.
He
suggests to the students that they keep studying hard.
F. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral
test)
Contoh soal:
A. Listen to the dialog and complete the
following sentences.
Nina : What (1) . . . you doing now, Anton?
Anton : I (2) . . . soccer match on TV. How about
you?
Nina : I am (3) . . . for my friends, but I think
they are (4) . . . .
Anton : I think you should (5) . . . your friends.
Nina : Thank you for your advice.
Anton : You’re welcome.
B. Fill in the blanks with “There is” or “There are”.
1. . . . some novels in the library.
2. . . . some tea in the jar.
3. . . . a computer on the table.
4. . . . an apple tree in my uncle’s garden.
5. . . . a pair of shoes under the bed.
6. . . . a lot of passengers on the plane.
7. . . . many hotels near the beach.
8. . . . some tourists visiting the old temple.
9. . . . a bowl of ice cream in the refrigerator.
10. . . . a beautiful painting in the living room.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : What Does the Sign Mean?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara Level Novice
1.6. Memahami memo dan menu sederhana, jadwal perjalanan
kendaraan umum, dan rambu-rambu lalu lintas
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai ungkapan
untuk menjelaskan tanda dan symbol yang tepat.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan
menjelaskan jadwal dan menu.
3. Reading
Siswa mampu memahami jadwal dan daftar;
menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun; menentukan ukuran dan
melengkapi dialog yang berisi tentang jadwal dan memo.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kooperatif
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching pictures with the information of
the road signs;
§ Listening
and matching pictures with the correct statements;
§ Listening to dialogs and matching each
picture with the correct dialog;
§ Listenig and putting a tick in the correct
picture;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Identifying expressions or phrases commonly
used in explaining signs and symbols;
§ Practicing a dialog with a partner;
§ Completing a dialog with the correct words, phrases or
expressions;
§ Creating a dialog based on the menu;
§ Completing sentences using the correct form of the degrees of comparison;
§ Reading
for information and answering questions;
§ In pairs, designing a menu of a restaurant
and then making a role play based on the menu and acting it
out in front of the class;
§ Reading a memo and answering questions;
§ Making a memo based on the situation given.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their
discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Read the dialog and fill in the blanks.
Waiter : What would you like to (1) . . . ?
Nina : I’d like to have (2) . . . .
Waiter : Which (3) . . . do you want? (4) . . . or
(5) . . . ?
Nina : (6) . . . , please.
Waiter : All right and what would you like to (7) .
. . ?
Nina : I want to order a (8) . . . of tea.
Waiter : a cheese omelet and a cup of tea. Your (9)
. . . will be ready in a few minutes.
B. Complete
the following sentences by using the word in the brackets. Remember to use the
correct form of the degrees of comparison.
1. She travels by train . . . (often) than by plane.
2. Traveling by plane is . . . (fast) than by train.
3. Traveling by plane is also . . . (convenient) than by
train, but it is . . . (expensive).
4. When your bus passes the town, you will see a tall tower. It is
. . . (tall) in the area.
5. The prices of food in the restaurant on the executive train are
. . . (expensive) than those in the restaurant downtown.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : Could You Tell Me the Way?
Alokasi Waktu : 22 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara
Level Novice
1.7. Memahami kata-kata dan istilah
asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus
B. Tujuan Pembelajaran
1. Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam bentuk
ungkapan untuk menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan
dan kemampuan.
2. Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, dan merespon
ungkapan tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan
pilihan dan kemampuan
3. Reading
Siswa mampu membaca paragraf, dialog yang
berisi tentang mananyakan dan memberikan petunjuk atau arah, menyatakan pilihan
dan kemampuan; menterjemahkannya; menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan isi bacaan tersebut
4. Writing
Siswa mampu menyusun; dan atau melengkapi
dialog yang berisi tentang menanyakan dan memberikan petunjuk atau arah,
menyatakan pilihan dan kemampuan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
D. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Matching
the statements with the correct
pictures;
§ Listening for information: dialogs;
§ Listening to the dialogs filling the
missing words;
§ Giving opinions.
2. Kegiatan Inti
§ Identifying expressions commonly used in
asking and giving direction, expressing preference and capabilities;
§ Interviewing for one’s
capabilities, preferences, asking and giving directions based on maps given;
§ Responding to questions using
conditional sentences type 1;
§ Reading for information:
passages, dialogues, etc.;
§ Completing a dialogue about
giving directions or locations;
§ Writing sentences using
conditional type 1;
§ Composing dialogues involving
preferences and capabilities and giving directions.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ Students make the report of their work;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He suggests to the students that they keep
studying hard.
F. Penilaian
1.
Written test
2.
Multiple choice and performance
test (oral test)
Contoh soal:
A. Answer the
following questions using the correct preference forms.
1. Rendra :
Do you like hiking or climbing?
Bima : . . . .
2. Aulia : Which one do you like, listening to music
or reading a newspaper?
Budi : . . . .
3. Lola : Do you like living in a village or a big
city?
Ria : . . . .
4. Arifin : Which one do you prefer, an apple or a
mango?
Barry : . . . .
5. Maya : Do you like tea or mineral water?
Hakim : . . . .
B. Complete the following
sentences using can, can’t, could or couldn’t.
- I feel
guilty because I . . . go to his birthday party yesterday.
- She spoke
so quickly nobody . . . understand her.
- Last
year, Sally . . . jump 5 meters, but now she can.
- Smoking
cigarettes . . . causes cancer.
- I can’t
sing now, but I . . . sing well when I was child.
C. Can you describe how to get to your house
from your school? Write down the directions.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK SWASTA
ALA DELPHI
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas : X
Topik : Would You Like to Come to My House?
Alokasi Waktu : 18 Jam
@ 40 Menit
A. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
1. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris setara
Level Novice
1.8. Menuliskan
undangan sederhana
B. Tujuan
Pembelajaran
- Listening
Siswa mampu menyimak berbagai macam
ungkapan untuk menyampaikan undangan dengan tepat.
- Speaking
Siswa mampu mengungkapkan, merespon dan
menyampaikan ungkapan undangan dengan baik
dan tepat.
- Reading
Siswa mampu membaca paragraf, e-mail/ surat
yang berisi tentang ungkapan menyampaikan undangan; menterjemahkannya; menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan tersebut
- Writing
Siswa mampu menyusun, melengkapi dan atau
menulis dialog yang berisi tentang penyampaian undangan; menulis surat undangan
yang sederhana.
B. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Kontekstual
2. Metode :
Question and answer, role playing, observation, lecture
C. Sumber, Alat dan Bahan Pembelajaran
Buku 1 Get Along with English for
Vocational School Novice level dan
Buku-buku pelajaran bahasa Inggris yang relevan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
§ Listening to a dialog and filling in the missing words;
§ Dictation:
Listening and writing down the expressions heard;
§ Answering questions that are asked by teacher;
2. Kegiatan Inti
§ Identifying
expressions, phrases commonly used in invitation letters;
§ Responding to
questions dealing with invitations using “yes-no” and “wh-”
questions.
§ Creating dialogues in
pairs;
§ Dialogue practice;
§ Reading for
information: invitation letters;
§ Changing statements
into reported speech;
§ Composing the reply
of an invitation letter;
§ Writing personal
invitations.
3. Kegiatan Akhir (Penutup)
§ The teacher
tells students to hand in their work and make the report of their discussion;
§ Their teacher concludes the lesson
instructed then by giving questions to some of the students at random;
§ He gives them an assignment;
§ He tells them of the next meeting lesson;
§ He gives students to study more at home.
E. Penilaian
1. Written test
2. Multiple choice and performance test (oral test)
Contoh soal:
A. Give
suitable responses to the following invitations.
1. Would you like to see a movie?
2. Would you like to come with me to the
street parade?
3. Would you like to have lunch with me?
4. ‘Ungu’ will be performing tomorrow. Would
you be interested in going with me to watch it?
5. Would you like to come to my brother’s
wedding party?
B. Make short dialogs based on the situations
below. Practice the dialogs in front of the class.
1. You invite your friend to go to your birthday
party. Your friend accepts your invitation.
2. You invite your friend to go swimming on
Saturday. Your friend accepts your invitation.
3. You ask your friend to come to your house.
Unfortunately, they can’t come because
they have to clean their bedroom.
4. You invite your friend to play basketball
on Friday. Your friend agrees to go with you.
5. You ask your friend to go shopping after
school, but they can’t go with you because they need to go home early.
C. Write an invitation
letter and the reply of it.
erwerwrwMengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
C. Write an invitation
letter and the reply of it.
Tigabinanga, Juli 2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Drs. Basmi Sembiring, S.Pd Joint
Tarigan, S.Pd
0 komentar:
Posting Komentar